Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Saat Nonton Video di Youtube

Baca Juga


Hemat Kouta Ketika Streaming Video Youtube - Aktivitas streaming di salah satu platform media terkenal yakni Youtube dewasa ini sudah menjadi sebuah aktivitas yang rutin dilakukan oleh banyak orang setiap harinya, hal tersebut dikarenakan youtube memang menjadi media yang berbasis dalam bidang video terbesar didunia yang berisikan bermiliar-miliar video yang bermanfaat atau hanya sebagai hiburan yang diupdate setiap harinya.

Hal itulah yang membuat banyak para pengguna tertarik untuk mengakses platform Youtube ini. Seperti yang kita tahu, platform youtube ini sendiri juga mengeluarkan aplikasinya yang bisa di pasang di smartphone kita sehingg memudahkan pengguna smartphone untuk selalu mengikuti channel-channel kesayangannya dengan notifikasi update yang diberikannya.

Namun sayangnya, karena yang kita akses adalah video pastinya kouta data internet yang diperlukanpun akan semakin besar sehingga membuat tarikan kouta data menjadi lebih besar yang tentunya membuat kouta menjadi cepat habis.

Tentunya jika kita pengguna data seluler hal ini sungguh sangat merepotkan dan merugikan kita, itulah mengapa saya akan membagikan beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan para pengguna smartphone untuk mengatasi pemborosan data seluler saat menonton video di youtube.

1. Menurunkan Resolusi Video
Ketika menonton video diyoutube kamu disuguhkan dengan resolusi yang otomatis, yang artinya ketika sinyal kamu lancar maka resolusi video yang akan diberikan akan tinggi sehingga membuat video yang kita tonton menjadi sangat jernih. Hal seperti inilah yang menguras banyak kouta, oleh karena itu untuk menghemat kouta data internet sebaiknya aturlah resolusi video yang kamu tonton menjadi lebih rendah sehingga membuat kouta internet tidak terkuras habis, walaupun tidak jernih video masih dalam keadaan yang layak untuk ditonton.

Cara mengatur reolusi video di youtube yakni dengan memilih tombol titik tiga yang ada dipojok kanan atas ketika kamu membuka video, kemudian pada tab kualitas ubah resolusi menjadi 360p atau dibawahnya yakni 240p, resolusi tersebut membuat video masih layak untuk ditonton dan pastinya memakan sedikit kouta internet.
Atau kamu bisa mengatur setting untuk menonton video dengan kualitas HD hanya ketika tersambung wifi saja dan ketika berada di data seluler maka video yang akan ditampilkan memiliki resolusi yang sedang saja yakni 360p, caranya yakni seperti pada gambar dibawah
Pada tahap nomor 4 ubah opsi yang awalnya mati menjadi aktif.

2. Menggunakan Youtube Go

Youtube baru saja meluncurkan aplikasinya yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam mengakses video-video di youtube. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendownload video yang ada di youtube dengan resolusi yang bisa disesuaikan. Mengapa aplikasi ini dapat menghemat kouta data internet ?? karena mendownload dengan streaming kouta internet akan lebih hemat ketika video tersebut didownload. Terlebih lagi ketika kamu sedang tersambung wifi tentunya kamu bisa memanfaatkannya untuk mendownload video di youtube untuk ditonton nanti secara offline.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan data ketika streaming video di youtube.
close

UNTUK SAAT INI, ARTIKEL BLOG AKAN DITUTUPI. SEGERA KELUAR/CLOSE TAB INI ATAU TEKAN DISINI. JIKA ANDA TETAP INGIN MEMBUKA ARTIKEL INI, SILAHKAN TEKAN TOMBOL CLOSE. DENGAN ANDA MEMBUKA ARTIKEL KEMBALI, TANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA MILIK ANDA, SAYA SUDAH PERINGATI UNTUK MENUTUP TAB INI. TERIMA KASIH. - ADMIN