Baca Juga
“Men versus Meg is not a fight, it's slaughter.”
Bagi pemburu tontonan eskapisme, film terbaru yang dibintangi oleh Jason Statham, The Meg, terlihat memenuhi segala kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi sajian penghempas beban pikiran. Betapa tidak, film ini mengedepankan Jason Statham yang notabene aktor laga seru-seruan di jajaran pemain utama, sederet promonya menjual The Meg sebagai perpaduan antara Jaws (1975) yang legendaris itu dengan Deep Blue Sea (1999) yang seru itu, dan premisnya menjanjikan kita sebuah pertarungan tak terlupakan antara manusia dengan hiu purbakala yang amit-amit gedenya. Sederet kombinasi yang tampaknya tak mungkin salah apabila ekspektasi kita dalam menyaksikannya di layar lebar telah diatur secara tepat, yakni memperoleh tontonan seru pengisi waktu senggang yang tidak memerlukan kinerja otak dan mempersilahkan para penontonnya untuk bernyaman-nyaman di kursi bioskop seraya mencemil berondong jagung. Saya pun memboyong ekspektasi senada ke gedung bioskop – bahkan jauh di dalam lubuk hati berharap film ini akan sereceh Sharknado (2013) – yang sayangnya itupun sulit dipenuhi oleh The Meg yang terasa kurang bergigi untuk ukuran sebuah film mengenai teror hiu ganas.
Karakter utama dalam The Meg yang garis besar ceritanya terinspirasi dari novel bertajuk Meg: A Novel of Deep Terror rekaan Steve Alten ini adalah seorang penyelam bernama Jonas Taylor (Jason Statham). Di permulaan film, kita menyaksikan aksi Jonas beserta timnya dalam menyelamatkan sekelompok ilmuwan yang kapal selamnya mengalami kecelakaan di Palung Mariana, salah satu tempat paling mematikan di bumi. Awalnya sih, operasi ini berjalan sesuai dengan rencana, sampai kemudian mereka mendapat serangan brutal dari seekor makhluk misterius yang memaksa Jonas untuk meninggalkan rekan-rekannya demi menyelamatkan para ilmuwan. Keputusannya tersebut mendapat kecaman keras yang lantas mendorong Jonas untuk mengasingkan diri ke Thailand. Bertahun-tahun tak bersentuhan dengan misi penyelamatan, Jonas harus menghadapi ketakutannya kembali saat dia memperoleh panggilan tugas dari fasilitas riset bawah laut, Mana One, di perairan lepas Tiongkok. Misi utama Jonas adalah mengangkut tiga ilmuwan, salah satunya adalah sang mantan istri, Lori (Jessica McNamee), yang terdampar di dasar samudra. Bukan sebuah misi yang mudah karena para ilmuwan ini hanya memiliki sedikit waktu untuk bertahan dan Jonas mendapat kunjungan dari 'kawan lama' yang belakangan diketahui sebagai hiu putih berukuran 70 kaki, Megalodon.
Karakter utama dalam The Meg yang garis besar ceritanya terinspirasi dari novel bertajuk Meg: A Novel of Deep Terror rekaan Steve Alten ini adalah seorang penyelam bernama Jonas Taylor (Jason Statham). Di permulaan film, kita menyaksikan aksi Jonas beserta timnya dalam menyelamatkan sekelompok ilmuwan yang kapal selamnya mengalami kecelakaan di Palung Mariana, salah satu tempat paling mematikan di bumi. Awalnya sih, operasi ini berjalan sesuai dengan rencana, sampai kemudian mereka mendapat serangan brutal dari seekor makhluk misterius yang memaksa Jonas untuk meninggalkan rekan-rekannya demi menyelamatkan para ilmuwan. Keputusannya tersebut mendapat kecaman keras yang lantas mendorong Jonas untuk mengasingkan diri ke Thailand. Bertahun-tahun tak bersentuhan dengan misi penyelamatan, Jonas harus menghadapi ketakutannya kembali saat dia memperoleh panggilan tugas dari fasilitas riset bawah laut, Mana One, di perairan lepas Tiongkok. Misi utama Jonas adalah mengangkut tiga ilmuwan, salah satunya adalah sang mantan istri, Lori (Jessica McNamee), yang terdampar di dasar samudra. Bukan sebuah misi yang mudah karena para ilmuwan ini hanya memiliki sedikit waktu untuk bertahan dan Jonas mendapat kunjungan dari 'kawan lama' yang belakangan diketahui sebagai hiu putih berukuran 70 kaki, Megalodon.
Menonton Jason Statham dan Megalodon saling beradu strategi bertahan hidup di layar lebar seharusnya menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Seharusnya. Tapi saat sang sutradara, Jon Turteltaub (National Treasure, The Sorcerer's Apprentice), menganggap bahwa pertandingan lintas spesies ini sebagai suatu 'fenomena' yang semestinya dianggap secara serius, maka kesempatan untuk memperoleh tontonan menghebohkan tahun ini seketika sirna. Well, tidak sepenuhnya sirna sih, karena The Meg masih berkenan untuk memenuhi satu permintaan khalayak, yaitu saat babang Statham berkejar-kejaran dengan Meg di dalam laut dalam upayanya melenyapkan si penebar teror tersebut dari peradaban. Mesti diakui, ada sejumput ketegangan yang bisa terendus di sini begitu pula ketika Meg berenang-renang santai menuju pantai yang ramai. Hanya saja, untuk bisa mencapai titik ini yang hanya berjarak beberapa belas menit jelang end credit, ada perjalanan panjang yang mesti kamu tempuh. Perjalanan panjang yang dipenuhi dengan obrolan-obrolan kurang menggairahkan nan menjemukan mengenai teknologi, permasalahan satu dua karakter inti, dan entah apa entah apa yang lantas menguap dari ingatan terhitung semenjak diri ini melangkahkan kaki ke luar bioskop. Kentara sekali, si pembuat film masih mengupayakan agar filmnya ini tampak 'berisi' tanpa pernah menyadari bahwa materi cerita The Meg lebih memungkinkan untuk dikembangkan sebagai film horor komedi konyol-konyolan bak Sharknado.
Lagipula, siapa sih yang berharap mendapat narasi mengikat dari sebuah film mengenai hiu prasejarah berukuran jumbo? Kalau saya sih hanya ingin melihat Megalodon mengamuk, melahap manusia-manusia keji, meremukkan kapal atau pesawat terbang, serta menebar kengerian pada pelancong yang sedang bersantai ria di pantai. Tidak lebih. Alih-alih mengarahkannya kesana, Turteltaub justru memilih untuk bercakap-cakap tanpa ada signifikansinya dan kerap memperlihatkan Megalodon dalam siluetnya saja dengan harapan menciptakan rasa was-was pada penonton. Bukan pilihan yang buruk sebetulnya, mengingat The Shallows (2016) telah berhasil mengaplikasikannya. Akan tetapi, karena ketidakpiawaian Turteltaub dalam mengatur tensi, ditambah lagi visualisasi si hiu yang tidak konsisten (kadangkala terlihat gede sekali, kadangkala terlihat hanya sedikit lebih besar dari Orca), pilihan ini jelas tidaklah bijak lantaran berdampak pada mengendurnya ketertarikan secara perlahan tapi pasti. Terkantuk-kantuk memasuki pertengahan durasi, The Meg lantas membaik saat si hiu yang kurang menyeramkan ini tak lagi malu-malu menampakkan diri. Klimaksnya berlangsung dengan cukup seru, meski tidak cukup untuk membuat diri ini bersorak-sorak gembira terlebih setelah penantian panjangnya. Si pembuat film tak pernah benar-benar membiarkan 'peliharaannya' tersebut menggila bersama Statham sehingga The Meg pun berakhir sebagai sebuah film yang serba tanggung. Saya menyebutnya demikian karena film ini terlalu konyol untuk dianggap serius, dan di waktu bersamaan, film ini juga terlalu serius untuk dianggap konyol. Tang-gung.
Acceptable (2,5/5)