Apakah Virus HIV Dapat Menular Melalui Gigitan Nyamuk ??

Baca Juga


HIV adalah virus berbahaya yang menyerang sistem imun manusia, dan sampai saat ini obat dari virus HIV tersebut masih belum bisa ditemukan. Penyakit dari virus ini dikenal dengan sebutan AIDS dan merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan menular. Penularan dari HIV aids ini seperti kita ketahui yaitu melalui hubungan intim, alat tato, dan juga penggunaan alat suntik bekas.

Melihat dari cara penularan virus HIV ini mungkin ada yang terbesit sebuah pertanyaan dipikiran kamu seperti apakah mungkin nyamuk dapat menularkan virus ini ?? pasalnya nyamuk menghisap darah manusia layaknya seperti jarum suntik. Lalu benarkah nyamuk bisa menularkan virus ini ??

Penjelasan

Dikutip melalui website sains.me
Pada dasarnya, Virus AIDS (HIV) yang menginfeksi manusia dari jarum suntik ataupun sarana lain dapat berikatan dengan Sel T pada manusia dan mulai mereplikasi.
Sedangkan ketika nyamuk menghisap darah dari manusia yang mengidap penyakit AIDS virus HIV tersebut tidak akan berkembang dan bereplikasi dikarenakan didalam usus nyamuk tidak terdapat Sel T manusia. Akibatnya virus akan membusuk dan mati didalam tubuh nyamuk sehingga ketika nyamuk menggigit manusia lain, orang yang digigit berikutnya itu tidak akan tertular HIV.

Mungkin terbesit lagi dalam pemikiran kamu sebuah pertanyaan yaitu penyakit malaria yang ditularkan oleh nyamuk, mengapa demikian ??

Parasit ber sel satu penyebab malaria mereka tidak akan mati didalam usus nyamuk bahkan dapat berkembang biak, oleh karena itu parasit tersebut akan berpindah ketubuh manusia dan menularkan penyakit malaria ketika nyamuk yang memiliki parasit tersebut menggigit manusia.

*Picture adapted from kaskus.co.id
*Referensi from sains.me 
close

UNTUK SAAT INI, ARTIKEL BLOG AKAN DITUTUPI. SEGERA KELUAR/CLOSE TAB INI ATAU TEKAN DISINI. JIKA ANDA TETAP INGIN MEMBUKA ARTIKEL INI, SILAHKAN TEKAN TOMBOL CLOSE. DENGAN ANDA MEMBUKA ARTIKEL KEMBALI, TANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA MILIK ANDA, SAYA SUDAH PERINGATI UNTUK MENUTUP TAB INI. TERIMA KASIH. - ADMIN