Apakah Benar Pertumbuhan Rambut Manusia Itu Tidak Terbatas ??

Baca Juga


Mungkin pertanyaan seperti ini akan terlontar atau pernah terlontar didalam benak kamu. Apalagi ketika kamu pernah melihat di televisi menayangkan seseorang yang memiliki rambut sangat panjang layaknya animasi kartun Tangled. Atau kamu yang sudah mempunyai anak, mungkin saja anak kamu pernah bertanya, mah, pah apakah rambut kita bisa terus tumbuh sampai panjang banget ??

Berikut ini akan dipaparkan secara ilmiah mengenai pertumbuhan rambut manusia, dan pertanyaan yang ada dikepala kamu terjawab yaitu apakah rambut manusia bisa tumbuh secara terus menerus sampai tidak terbatas ??

Penjelasan
Seperti kita tahu rambut tentunya mengalami pertumbuhan yang dapat terlihat jelas dalam kurun waktu tertentu seperti sebulan. Dalam penelitian mengenai pertumbuhan rambut manusia, rambut manusia normalnya tumbuh sepanjang setengah inchi atau sekitar 1,25 cm setiap bulannya, yang apabila dikali dengan 12 bulan akan menghasilkan panjang sekitar 15 cm setahunnya.

Bagaimana jika kita biarkan rambut kita tidak dipotong selama bertahun-tahun misalkan saja sampai sepuluh tahun. tentunya rambut kita akan memiliki pertambahan panjang sebanyak 150 cm, tentunya panjang yang fantastis kan. Namun pemikiran seperti itu merupakan pemikiran yang salah !!

Pasalnya rambut manusia memiliki umur pula, sehingga apabila umur rambut tersebut sudah sampai maka rambut tidak akan mengalami pertumbuhan lagi, melainkan akan rontok dan digantikan dengan rambut baru. Setiap helai rambut manusia memiliki usia maksimal enam sampai tujuh tahun lamanya. Jadi kalo setiap helai rambut kita tidak mengalami kerusakan misalnya seperti patah, maka selama tujuh tahun rambut akan mendapatkan panjang sekitar, 105 cm.

Jadi kalo dilihat-lihat panjang rambut yang bisa dicapai rambut sebelum usianya sudah lumayan panjang, jadi intinya adalah rambut tidak bisa tumbuh selamanya, melainkan ada batasan umurnya pula.

Seperti itulah pembahasan mengenai pertumbuhan rambut yang ternyata memiliki batas.

Lalu bagaimana dengan yang ada di televisi ??

Ada beberapa orang yang memiliki kelainan pada rambutnya dimana rambut tumbuh dengan sangat cepat, hal tersebut sangat jarang terjadi dan hanya terjadi pada segelintir orang, namun sama saja rambut yang mengalami kelainan itu tetap memiliki batasan untuk tumbuh.

Tambahan
Ada beberapa hal yang membuat laju pertumbuhan rambut pada manusia berbeda-beda seperti asupan makanan, kegiatan sehari-hari dan hormon yang ada didalam tubuh.

Hormon yang ada didalam tubuh umumnya akan menyebabkan rambut lebih cepat panjangnya, seperti halnya wanita yang sedang hamil dimana hormon wanita tersebut tengah dalam keadaan banyak-banyaknya. Itulah mengapa pertumbuhan rambut pada wanita hamil dapat lebih cepat.

*Picture adapted from cewekbanget,grid.id
*Referensi adapted from sains.me
close

UNTUK SAAT INI, ARTIKEL BLOG AKAN DITUTUPI. SEGERA KELUAR/CLOSE TAB INI ATAU TEKAN DISINI. JIKA ANDA TETAP INGIN MEMBUKA ARTIKEL INI, SILAHKAN TEKAN TOMBOL CLOSE. DENGAN ANDA MEMBUKA ARTIKEL KEMBALI, TANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA MILIK ANDA, SAYA SUDAH PERINGATI UNTUK MENUTUP TAB INI. TERIMA KASIH. - ADMIN