Baca Juga
MUAMALAT LOVE COFFEE
A. Deskripsi Bisnis
Saat ini menikmati kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif. Trend ini kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang kemudian berlomba-lomba menyajikan sajian kopi yang mewah dan modern yang seolah tidak mau kalah dengan gerai kopi internasional yang semakin melebarkan sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di indonesia.
80% pasar kopi di indonesia dikuasai oleh jenis kopi robusta walaupun sebagian besar pasar kopi dunia malah dikuasai oleh jenis kopi arabika. Yang paling banyak disukai para pencinta kopi saat ini adalah sajian kopi ala cafe seperti cappucino, vanilla choco coffe, cream coffe smoothy, dll. Walaupun kita juga masih menemukan sajian murni kopi ala warung kopi jaman dulu.
Muamalat love cafe adalah konsep tempat untuk menikmati kopi sambil nongkrong para mahasiswa. Muamalat love cafe memanjakan lidah para pecinta coffe dengan rasa yang menggugah selera.
Muamalat love cafe di buka di lingkungan kampus IAIN antasari. Peluang membuka cafe dikawasan ini adalah sangat terbuka karena selain mudah dijangkau buat mahasiswa juga memberikan tempat untuk santai nongkrong.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan adalah :
· Kopi yang berkualitas tinggi, dengan resep dan biji kopi pilihan.
· Layanan konsumen yang prima.
· Lokasi cafe yang nyaman
Produk yang ditawarkan:
· Original coffe
· Moccacino coffe art
· Capucino coffe art
· Coffe love
· Beatifull coffee
Penjualan:
· Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 500 cup coffe/3 bulan pertama
· Buka Senin sampai Jum’at ( Pagi - Sore)
B. Lingkungan Bisnis yang Dihadapi
Pilihan lokasi dan wilayah cafe adalah dengan kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau dan terlibat dari jarak yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan kampus IAIN Antasari sebagi pusat berkumpulnya anak muda di Banjarmasin sendiri. Dan dalam waktu jangka panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah Banjarmasin lainnya.
Walaupun pada saat sekarang banyak orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah tersebut sangat strategis dan dekat dari keramaian, otomatis mahasiswa maupun masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita. Selain jauh dari segi waktu dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.
C. Aspek Produksi
A. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah kopi. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari kopi ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
B. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di kampus IAIN Antasari, Banjarmasin. Adapun sasaran pasar produk kopi kami ini adalah mahasiswa di kampus IAIN Antasari, Banjarmasin dan masyarakat sekitar kampus IAIN Antasari dan masyarakat Banjarmasin sendiri. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Ekonomi atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar kampus IAIN Antasari.
C. Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
D. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: berniaga.com dll.
E. Aspek Sumber Daya Manusia
Proyek pembangunan “Muamalat love cafe” ini membutuhkan beberapa tenaga kerja yang akan menjalankan usaha ini. Tenaga kerja pada tahap pertama ini membutuhkan 4 orang karyawan. Antara lain:
a. Manager/ Pimpinan
· Bertanggung jawab memantau dan memastikan mulai dari proses pembelian bahan baku produksi sampai dengan penjualan berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.
· Mengawasi kinerja karyawan.
· Honor yang diterima manager Rp. 400.000 dan akan mengalami kenaikan sesuai dengan pencapaian target, besarnya kenaikan akan diperhitungkan kemudian.
b. Koki
· Bertanggung jawab pembelian bahan baku dan proses produksi.
· Jumlah koki sebanyak 1 orang.
· Untuk bulan-bulan pertama honor koki perbulan direncanakan sebesar Rp 300.000 dan akan mengalami kenaikan apabila target rata-rata konsumen meningkat.
c. Kasir
· Bertugas menerima pembayaranpembeli serta mengontrol uang keluar dari kas “Muamalat Love Cafe”
· Membuat laporan keuangan untuk diserahkan kepada pemimpin
d. Pramusaji
· Bertugas menjaga cafe dan melayani konsumen
· Bertanggung jawab atas keberhasilan cafe
· Honor yang akan diberikan sebesar Rp 250.000.
F. Aspek Pemasaran
Produk yang dipasarkan : Coffe capucino dan snack
Sasaran Konsumen : Mahasiswa IAIN antasari
Wilayah Pemasaran : Kampus IAIN Antasari
Rencana Penjualan : 2012-2013
Dalam pemasaran perlu diperhatikan apa yang disebut dengan marketing mix yang terdiri dari :
a. Product
Kualitas coffe akan sangat diutamakan baik itu kebersihan maupun rasanya.
b. Price
Harga yang ditawarkan mampu bersaing dengan kompetitor.
c. Place
Tempat yang strategis karena berada dalam kawasan kampus mahasiswa.
d. Promotion
Banyak macam promosi yang akan dilakukan untuk menarik pengunjung.
Dalam proses pemasaran tujuannya adalah untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya, selain juga untuk dapat bersaing dengan kompetitor, maka diperlukan strategi atau siasat untuk memenangkan kompetisi, seperti berikut ini :
a. Menyebarkan brosur kepada mahasiswa ataupun mahasiswi kampus IAIN Antasari.
b. Memberikan voucher coffe gratis setiap 15 hari, tujuannya agar mereka mengenal produk kita dan dapat mempromosikannya mulut ke mulut.
c. Promosi juga bisa bisa dilakukan dengan mengundang teman beramai-ramai untuk menikmati produk kita. Hal ini bertujuan selain promosi dari mulut-kemulut juga agar pada masa-masa awal ini cafe terlihat ramai sehingga mengundang rasa keingintahuan calon konsumen potensial lain untuk mencoba menikmati produk di cafe ini.
d. Kami memberikan interior love pada cafe kami supaya lebih memberikan nuansa romantis.
e. Kami juga akan melakukan program Nobar (Nonton bersama) apabila ada pertandingan sepakbola antara klub-klub besar.
f. Selain memberikan suasana cafe yang nyaman dengan harga produk yang terjangkau kami juga menyediakan musik-musik akustik yang sengaja kami lakukan untuk menghibur pelanggan.
G. Aspek Keuangan
v Analisa Profitabilitas
Perhitungan prediksi pencapaian laba dihitung dengan prinsip kehati-hatian dimana profit dihitung seminimal mungkin dan biaya dihitung semaksimal mungkin. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan profit yang dihasilkan sangat menjanjikan, dan bisa saja bertambah karena dalam perhitungan tersebut biaya dimasukkan secara maksimal, sehingga proyek ini dapat diterima.
v Analisa Payback Period
Berdasarkan perhitungan Payback Period, maka Payback Period diproyeksikan setelah proyek berjalan selama < 1 tahun. Dengan waktu pengembalian yang tidak lebih dari setahun maka proyek ini dinilai dapat diterima untuk dilaksanakan.
A. ASET TETAP TOKO UNTUK USAHA CAFE
No | Asset | Unit | Nilai buku |
1 | Rak snack | 2 | Rp. 800.000 |
2 | Lemari es | 1 | Rp1.000.000 |
3 | Kotak pendingin | 1 | Rp. 350.000 |
Total | Rp 2.150.000 |
B. MODAL INVESTASI
Harta Tetap | ||||
No | Barang | Harga | ||
1 | Mixer | Rp 200.000,00 | ||
2 | 16 Kursi @ Rp 25.000, | Rp 400.000,00 | ||
3 | 4 Meja @ Rp 100.000,- | Rp 400.000,00 | ||
4 | VCD | Rp 300.000,00 | ||
5 | Blender | Rp 300.000,00 | ||
6 | Speaker | Rp 150.000,00 | ||
Total Harta Tetap | Rp 1.750.000,00 | |||
Peralatan | ||
2 Lusin Cangkir @ Rp 30.000,- | Rp 60.000,00 | |
Total Peralatan | Rp 60.000,00 |
C. MODAL KERJA
Biaya Bahan | |||
No | Bahan | Jumlah / Minggu | Jumlah / Bulan |
1 | Kopi instan | Rp 15.000,00 | Rp 60.000,00 |
2 | Coklat bubuk | Rp 50.000,00 | Rp 200.000,00 |
3 | Susu skim bubuk | Rp 50.000,00 | Rp 200.000,00 |
4 | Creamer | Rp 40.000,00 | Rp 160.000,00 |
5 | Gula pasir | Rp 40.000,00 | Rp 160.000,00 |
6 | Ice cream coklat | Rp 75.000,00 | Rp 300.000,00 |
7 | Snack | Rp 50.000,00 | Rp 200.000,00 |
Total Biaya Bahan | Rp 320.000,00 | Rp 1.280.000,00 |
Gaji/Upah
No | Pengelola | Gaji/Bulan | ||
1 | Pimpinan | Rp 400.000,00 | ||
2 | Koki | Rp 300.000,00 | ||
3 | Kasir & bendahara | Rp 300.000,00 | ||
4 | Pramusaji | Rp 250.000,00 | ||
Total Gaji | Rp 1.250.000,00 | |||
Biaya Umum | | |||
1 | Sewa gedung | Rp 300.000,00 | ||
2 | Air & Listrik | Rp 100.000,00 | ||
3 | Promosi | Rp 100.000,00 | ||
4 | Biaya Renovasi | Rp 200.000,00 | ||
5 | Biaya Tak Terduga | Rp 100.000,00 | ||
Total Biaya Umum Total Biaya Operasional /bulan | Rp 800.000,00 Rp 3.330.000,00 | |||
D. ASUMSI
Pendapatan
No | Jenis Minuman/Snack | Harga pergelas /perbungkus | Penjualan | |
/Hari | / bulan | |||
1 | Original coffe | Rp 1000 | 10 gelas x 1000 = Rp 10.000 | Rp 200.000 |
2 | Moccacino coffe art | Rp 2000 | 10 gelas x 2000 = Rp 20.000 | Rp 400.000 |
3 | Capucino coffe art | Rp 2000 | 10 gelas x 2000 = Rp 20.000 | Rp 400.000 |
4 | Coffe love | Rp 3000 | 20 gelas x 3000 = Rp 60.000 | Rp 1.200.000 |
5 | Beatifull coffee | Rp 3000 | 20 gelas x 3000 = Rp 45.000 | Rp 1.200.000 |
6 | Snack | Rp 1000 | 20 bks x 1000 = Rp 20.000 | Rp 400.000 |
Total Pendapatan | Rp 180.000 | Rp 3.800.000 |
Keuntungan
No | KAS | |
1 | Pendapatan/bulan | Rp 3.800.000,00 |
2 | Pengeluaran operasional/bulan | Rp 3.330.000,00 - |
Keuntungan Perbulan | Rp 470.000,00 |
Keuntungan yang didapat di tahap awal ( 3 bulan pertama) yaitu sebesar 470.000 X 3 = Rp 1.410.000.