Baca Juga

b. Penilaian Kinerja
Mondy dan Noe (dalam Marwansyah dan Mukaram, 1999:103) menyatakan bahwa “penilaian unjuk kerja (performance appraisal) adalah sebuah sistem formal untuk memeriksa/mengkaji dan mengevaluasi secara berkala unjuk kerja seseorang“. Unjuk kerja dapat dipandang sebagai perpadu-an dari hasil kerja (apa yang harus dicapai oleh seseorang) dengan kompetensi (bagaimana seseorang mencapainya).
Perihal kinerja Sutermeister (1995:7) menyatakan bahwa kinerja seseorang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu : 1) Faktor motivasi (motivation) terdiri dari: (a) kondisi sosial: meliputi organisasi formal, organisasi informal, kepemimpinan dan sekitar kerja, (b) kebutuhan individu meliputi: fisiologis, sosiologis, egoistic (c) kondisi fisik meliputi lingkungan kerja, 2) Faktor kemampuan (ability) terdiri dari: (a) pengetahuan (knowledge) meliputi: pendidikan, pengalaman, latihan dan minat, (b) keterampilan (skill) meliputi kecakapan dan kepribadian.
Dari uraian di atas dapat dinyatakan rumus kinerja (performance) sebagai berikut: P = M x A
Keterangan:
P = Kinerja, prestasi kerja (performance)
M = Motivasi, dorongan, rangsangan (motivation)
A = Kemampuan (ability)
Semakin tinggi motivasi (M) dan semakin tinggi kemampuan (A), maka prestasi kerja (P) akan semakin tinggi pula. Klingner dan Nalbandian dalam Panjaitan (2001:30) menggambarkan kaitan motivasi dan kemampuan terhadap performansi sebagai berikut:

Gambar 2.1. Kaitan Motivasi dan Kemampuan dengan Kinerja.
Memperhatikan gambar 2.1 di atas dapat dikatakan bahwa performansi atau kinerja terwujud akibat fungsi perkalian antara motivasi dan kemampuan yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kerja seperti keselamatan dan kesehatan kerja, iklim organisasi, kemampuan manajerial manajer, dan lainnya untuk kemudian dilakukan penilaian atau evaluasi dan hasilnya sebagai umpan balik dalam memberikan motivasi dan meningkatkan kemampuan pegawai dimasa mendatang.


Ditulis oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
http://kabar-pendidikan.blogspot.com

close

UNTUK SAAT INI, ARTIKEL BLOG AKAN DITUTUPI. SEGERA KELUAR/CLOSE TAB INI ATAU TEKAN DISINI. JIKA ANDA TETAP INGIN MEMBUKA ARTIKEL INI, SILAHKAN TEKAN TOMBOL CLOSE. DENGAN ANDA MEMBUKA ARTIKEL KEMBALI, TANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA MILIK ANDA, SAYA SUDAH PERINGATI UNTUK MENUTUP TAB INI. TERIMA KASIH. - ADMIN